Kisah Inspirasi 2 TKI Indonesia, Sukses Luncurkan Buku Hingga Punya Banyak Usaha

Admin,
14 Januari 2022 - 0:53

Indonesia merupakan salah satu negara yang rajin memasok tenaga kerjanya ke beberapa negara, seperti Malaysia, Taiwan, Hong Kong, Arab Saudi, Brunei Darussalam, Korea Selatan, Singapura, hingga Eropa. Bekerja ke luar membawa harapan memperoleh upah lebih untuk mencukupi kehidupan di negeri asal.

Tapi seperti yang diketahui dari banyaknya pemberitaan bahwa TKI seringkali menjadi korban dari ulah oknum tidak bertanggung jawab. Beberapa pula mengalami penyiksaan, kekerasan, pelecehan hingga tidak dipulangkan ke tanah air.

Di balik kisah kelam para tenaga kerja Indonesia di luar negeri, dua TKI pria asal tanah air ini justru bisa menaklukan kejamnya perantauan. Kini mereka tercatat sebagai yang paling sukses dan menginspirasi.

  • Justto Lasoo

Justto Lasoo mengawali karirnya sebagai TKI di Taiwan. Pergi ke negeri orang bukan berarti tidak bisa menghasilkan karya. Ia pernah menjuarai lomba melukis di sebuah acara bertajuk Taichung City International Labor Festival.

Tidak cukup sampai di sana, prestasi lain ditunjukkan dengan menjuarai Bilik Sastra RRI hingga berhasil menerbitkan sebuah buku Kutemukan Cahaya di Bumi Formosa. Justto lantas kembali ke Indonesia dan diterima di sebuah perusahaan bergengsi. Cerita menginspirasinya terus diperdengarkan kepada tenaga kerja lainnya agar tetap semangat dan berprestasi.

  • Wahyudi Chandra

Siapa sangka bila pria yang dulunya berdagang keliling di Victoria Park kini masuk ke dalam jajaran pengusaha? Wahyudi Candra mulai merantau pada awal tahun 90-an. Untuk menyambung hidup, ia menjajahkan makanan, kaset, koran dan lain sebagainya.

Lama bekerja sebagai TKI, berkat keuletan dan sungguh-sungguh, kemudian berhasil mendirikan rumah makan, mini market, jasa pengiriman uang serta paket hingga travel. Limabelas tahun setelah membuka minimarket, ia mulai menyebarkan usaha hingga ke New Teritorry, Hong Kong Island dan Kowloon.

Melalui usahanya itu, Wahyudi Chandra lantas membuka lapangan pekerjaan bagi tenaga kerja Indonesia dengan harapan bisa menularkan kesuksesan kepada saudara sebangsa. Saat ini ia tercatat memiliki bisnis properti di NTB dan sejumlah usaha lainnya.

 

Bila pekerjaan dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka kan membuahkan keberhasilan. Menginspirasi sekali bukan kisah mereka?

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp